Rabu, 06 Februari 2013

Macam Macam Hardware Jaringan

Macam – macam Hardware Jaringan

NIC (Network Interface Cards)


Network Interface Cards atau disingkat dengan NIC biasa dikenal dengan Network Adapter. NIC merupakan sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan komputer untuk dapat saling berkomunikasi menggunakan jaringan. NIC memungkinkan komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya menggunakan media kabel atau wireles.


HUB


Hub merupakan suatu perangkat keras dalam jaringan komputer yang digunakan sebagai alat penghubung antar komputer yang memiliki berbagai jenis port. Ketika sebuah paket datang pada salah satu port maka paket tersebut akan disalin ke semua port yang ada di daam hub tersebut, dengan kata lain hub tidak memiliki fasilitas routing sehingga semua paket atau informasi yang datang akan disalin ke semua simpul yang terhubung dalam hub.


REPEATER


Fungsi repeater dalam jaringan komputer adalah sebagai penerima sinyal serta meneruskannya pada level yang lebih tinggi, atau disebut sebagai penguat sinyal. Repeater juga mempunyai fungsi sebagai alat memperjauh transmisi data dan mampu memperkecil noice pada sinyal transmisi datang.


BRIDGE


Bridge merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan serta membagi-baginya menjadi segment yang lebih kecil.


ROUTER


Router merupakan perangkat jaringan yang mempunyai fungsi untuk mengirim paket data melalui sebuah jaringan dengan proses routing. Router juga mempunyai fungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan serta meneruskan paket data dari satu jaringan ke jaringan lain.


SWITCH

Switch merupakan perangkat jaringan yang menyaring serta melewatkan paket data yang ada didalam satu jaringan. Switch beroperasi pada lebih dari satu lapisan pada layer OSI.


Access Point



Mempunyai kegunaan sebagai Switch atau HUB di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless para client, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda
dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyalnya ( dalam satuan dBm ) semakin luas jangkauannya jaringan.


Konektor RJ-11 dan RJ-45
RJ merupakan singkatan dari Registered Jack yaitu sebuah antar muka konektor fisik yang paling sering digunakan untuk terminal kabel telepon. Terdapat dua macam RJ yaitu :

Konektor RJ-11



Adalah standar konektor yang digunakan pada pasangan 2-4 (kawat) kabel telepon.


Konektor RJ-45

Adalah kabel ethernet yang biasa digunakan pada topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.

Ada 2 macam konektor RJ-45 yang konfigurasinya dapat disesuaikan dengan perangkat yang ingin dihubungkannya yaitu:

1. Straight Through Configuration
    Digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda.
2. Cross Over Configuration
    Digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat jaringan dengan hierarki setingkat.


Kabel UTP


Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network, namun yang paling banyak dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP. 


PCMCIA Network Interface Card


PCMCIA card adalah card jaringan yang digunakan untuk terhubung kedalam sebuah jaringan tanpa menggunakan kabel.

Tidak ada komentar: